KAPOLRI BAKAL BENTUK KAMPUNG TANGGUH NARKOBA DI SELURUH INDONESIA

0

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh Kapolda agar membangun Kampung Tangguh Narkoba. Hal tersebut dinilai penting dalam rangka menekan peredaran gelap narkotika di masyarakat.

“Saya minta untuk Kampung Tangguh Narkoba diciptakan di seluruh Indonesia untuk menekan peredaran narkoba,” kata Sigit di Polda Metro Jaya, Senin (14/6/2021).

Dikatakan, Kampung Tangguh Narkoba dibangun dengan kerja sama bersama TNI, Badan Narkotika Nasional (BNN), pemerintah daerah (pemda), tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemangku kepentingan lainnya.

 “Peredaran yang ada bisa segera diinformasikan, sehingga kemudian kita bisa tangkap, dengan harapan itu maka kita memiliki daya cegah dan daya tangkal,” ujar Sigit.

Sigit mengatakan seluruh jajaran Polri harus terus perang melawan peredaran narkoba dengan bekerja sama bersama BNN, Bea Cukai dan Ditjenpas Kemkumham.

“Pemberantasan narkoba adalah tanggung jawab bersama. Kita bisa bekerja maksimal dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada. Narkoba adalah ancaman kita bersama. Maka kita harus melenyapkan narkoba dari Indonesia. Ini butuh kerja keras serta kerjasama dari seluruh elemen, stakeholder dan masyarakat,” tegas Sigit.

Sementara itu, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan pembangunan Kampung Tangguh Narkoba telah dicanangkan Kapolri sejak rapat kerja teknis Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri beberapa waktu lalu.

“Sudah dicanangkan dan akan dilanjutkan dengan mengeluarkan TR yang mewajibkan setiap polda atau polres membuat kampung tangguh narkoba di daerah masing-masing,” ucap Agus.

Polri tetap menggandeng pemda setempat, TNI, BNN, hingga institusi lainnya. Nantinya kampung tangguh tersebut akan dilakukan evaluasi oleh Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, bila perlu akan diusulkan dan diberikan penghargaan dari Kapolri,” kata Agus.

Share.

Leave A Reply