Konferensi Pers Tindak Pidana Pemerasan dan Ancaman Kekerasan atau Menakut-nakuti Yang Ditujukan Secara Pribadi Melalui Media Elektronik

0


TRIBRATANEWSPOLRESSABANG – 
Rabu (07/10/2020), Pukul 11.00 wib, Bertempat di Aula dhira Brata Polres Sabang, Telah dilaksanakan Konferensi Pers dugaan Tindak Pidana Pemerasan dan Ancaman Kekerasan atau Menakut-nakuti Yang Ditujukan Secara Pribadi Melalui Media Elektronik. yang di pimpin oleh Wakapolres Sabang KOMPOL Muhammad Husin, S.H., M.H. dan 3(tiga) Perwira lainnya yaitu Kasubbag Humas Polres Sabang IPTU M.Dahlan, Kasat Reskrim IPDA Rahmad, S.Sos., S.H., M.Si., Kapolsek Sukajaya IPDA Rudi Sofiawan.

Dalam kegiatan tersebut Kasat Reskrim menjelaskan Kronologinya

Pada hari Kamis tanggal 09 April 2020 sekira pukul 11.00 Wib Korban (ZF) menerima pertemanan di media sosial Facebok yang dibuat dan dikelola serta dikuasai oleh Tersangka M. ALI UMAR Alias ALI (AU) atas nama akun Bur Khan dengan foto profil seorang perempuan yang mana foto seorang perempuan tersebut diketahui dan dikenal oleh Korban yaitu bernama LS dan bertempat tinggal/berdomosili di Kota Sabang serta telah memiliki seorang suami yang berprofesi sebagai Anggota Polri, selanjutnya Tersangka mengirimkan pesan melalui Mesenger dengan kata-kata yang meyakinkan Korban bahwa pemilik akun Facebook/Mesenger dengan nama lain LS tersebut adalah seorang perempuan bernama LS yang dikenal oleh Korban tersebut sehingga terjadi komunikasi yang semakin dekat antara Korban dengan Tersangka tersebut selanjutnya Tersangka menyuruh Korban untuk mengirimkan foto kemaluan milik Korban dan mengirimkan foto kemaluannya (Korban) melalui pesan Mesenger atas nama akun ZF kepada akun atas nama Bur Khan tersebut selajutnya Tersangka juga mengirimkan foto-foto Bugil (Vulgar) seorang perempuan yang bernama LS dan berselang beberapa hari kemudian Tersangka meminta pinjaman uang kepada Korban sebesar Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) dengan alasan untuk membuka usaha kuliner sate dan Korban menyetujuinya serta mengirimkan uang tersebut dengan melakukan 2 (dua) kali pengiriman melalui transaksi perbankan, selanjutnya komunikasi antara Korban dengan Tersangka (pemilik akun Mesenger atas nama /LS) semakin dekat dan intim sehingga Tersangka semakin sering mengimkan foto-foto bugil seorang perempuan bernama LS tersebut

CARA TERSANGKA MELAKUKAN PEMERASAN YANG DISERTAI ANCAMAN KEKERASAN DENGAN CARA MENAKUT NAKUTI KORBAN DENGAN MAKSUD MENGUNTUNGKAN DIRI TERSANGKA YAITU :

     Berawal sejak tanggal 22 Mei 2020 Tersangka mengganti perannya menjadi suami dari seorang perempuan bernama LS tersebut dan mengirimkan pesan serta telepon melalui Mesenger dengan menggunakan akun atas nama Bur Khan dengan nama lain LS yang berisikan bahwa “ Korban akan di laporkan kepada pihak berwajib dan Tersangka juga melakukan pegancaman dengan berkata “ jangan main dengan Polisi ya, Foto telanjang kau sudah kulihat semua, Siap-siap malam ini ya, serta meminta sejumlah uang kepada Korban dan dikarenakan Korban merasa ketakutan sehingga Korban meyetujui  permintaan  Tersangka  tersebut  dengan  mengirimkan  uang pada awalnya sebesar Rp 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) ke Rekening Bank : BNI dengan nomor : 0731568675 atas nama AM.
     Selanjutnya Tersangka terus melakukan pengancaman melalui WhatsApp dan Telepone agar Korban merasa ketakutan dan menuruti keinginan serta permintaan Tersangka sehingga akibat Pemerasan yang disertai ancaman kekerasan tersebut, Korban mengirimkan uang kepada Tersangka dengan melakukan transaksi perbankan sebanyak 14 (empat belas) kali ke Rekening Bank : BNI dengan nomor : 0731568675 atas nama ARIEF MAULANA dengan total Rp 130.500.000,- (seratus tiga puluh juta lima ratus ribu rupiah) dan selanjutnya setelah uang tersebut berada dalam rekening Saudara AM, Tersangka menyuruh Saudara AM untuk mengirimkan uang tersebut kepada pihak-pihak yang Tersangka kehendaki sesuai dengan kepentingan/keperluan Tersangka yang bertujuan untuk menguntungkan diri Tersangka.

     Pasal 368 Ayat (1) KUHPidana dan Pasal 45b Jo Pasal 29 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHPidana.

Ancaman hukuman :

  1. Pasal 368 Ayat (1) KUHPidana adalah hukuman penjara paling lama 9 (sembilan) Tahun.
  2. Pasal 45b Jo Pasal 29 UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE adalah 4 (empat) tahun hukuman Penjara.

Adapun Barang Bukti Yang disita:

  • 1 (satu) buah jam tangan merk : Alexander Christie, warna hitam berikut 1 (satu) buah kotak jam tangan.
  • 1 (satu) Unit Hand phone merk oppo F7 smart phone 4/64 berikut 1 (satu) buah kotak Hand phone oppo F7, 25 MP.
  • 1 (satu) buah cincin emas 2 x lilit 4 segi padu ±99,5 %, berikut 1 (satu) lembar faktur pembelian emas yang dikeluarkan oleh toko emas berkat jasa sejahtera tanggal 24 Juni 2020.
  • 1 (satu) buah cincin emas 3 x lilit bulat ± 99,5 %, berikut 1 (satu) lembar faktur pembelian emas.
  • 1 (satu) buah rantai tangan emas plat 2 x S ukir ½ pulis ± 99,5 % ( 4 ½ mayam ) berikut 1 (satu) lembar faktur pembelian emas.
  • 1 (satu) buah cincin emas 2 x lilit 99.5 % ( 8 gram 300 mili ) berikut 1 (satu) lembar faktur pembelian emas.
  • Uang tunai sebesar Rp 1.800.000,- (satu juta delapan ratus ribu rupiah) dengan mengabaikan nominal dan nomor seri. (AU)
  • 1 (satu) buah dompet kulit warna coklat muda.
  • 32 (tiga puluh dua) lembar Screenshot percakapan melalui pesan Facebook/Messengger.
  • 1 (satu) Buah Akun Facebook/Mesenger yang di Extract ke dalam bentuk CD.
  • 1 (satu) Unit Drone Merek None Tipe Drone 2/2.4 GHZ EDITION E68 Warna Silver Hitam berikut 1 (satu) Unit Remote Control Warna Hitam dan 1 (satu) buah kotak Drone Warna Hitam.
  • 1 (satu) Pasang Sepatu Merek Fashion Warna Biru.
  • Uang tunai sebesar Rp 22.795.000,- (dua puluh dua juta tujuh ratus sembilan puluh lima ribu rupiah) dengan mengabaikan nominal dan nomor seri. (AM)
  • Uang tunai sebesar Rp 6.000.000,- (enam juta rupiah) dengan mengabaikan nominal dan nomor seri.(NS)
  • 1 ( satu ) Buah Kartu ATM Bank : BNI ( PLATINUM DEBIT ) dengan Nomor Kartu : 5198 9314 8001 6424 Atas Nama AF.
  • 1 ( satu ) Buah Tabungan Bank BNI : TAPLUS Cabang Sigli dengan Nomor Rekening : 0731568675 Atas Nama AF.
  • 14 ( empat belas ) Lembar Prin Out Rekening Koran Dengan Nomor Rekening : 0731568675 Bank : BNI TAPLUS Cabang Sigli Atas Nama AF.
  • 1 ( satu ) Unit Handphone Merk Iphone Tipe 8 Plus Warna Gold berikut 1 ( satu ) buah Kartu AS Telkomsel dengan Nomor : 082310071154, berikut kotak Handphon
  • 1 (satu) Unit Handphone Merk Oppo Tipe A5 (Oppo Defig Ned For A-Series) Warna Hitam.

Selama Berjalannya Kegiatan Konferensi Pers situasi Berjalan Dengan Aman Dan Baik.

1

 

Share.

Leave A Reply