Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Efektivitas Penggelaran Sistem e-MP di Polres Sabang

0

Tribratanewspolressabang.com– Dalam mewujudkan pelayanan prima polri di Polres Sabang, Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan sampel penelitian efektivitas penggelaran sistem e-MP untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan kepolisian, selasa (4/8/2020).

Polres Sabang telah menerima tim Puslitbang Polri untuk melakukan penelitian dan pengembangan tentang tingkat kepuasa dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri di Polres Sabang sesuai fungsi yang telah di tetapkan.

AKBP Muhammadun meminta kepada seluruh personel untuk mendukung dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan di wilayah Polres Sabang, sehingga mampu memperoleh tingkat kepercayaan masyarakat atas kinerja sebagai polri yang pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat guna mewujudkan Polri yang profesional, modern, terpercaya dan bebas dari KKN.

“Penelitian sudah dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak terkait serta unsur masyarakat dapat berperan serta dalam menilai kinerja Polres sabang atas kualitas pelayanan publik,” katanya.

Sementara itu, Analisis Puslitbang Polri Kombes Pol Syahrial M Said,SIK mengatakan, Puslitbang Polri adalah unsur pendukung dari organisasi Polri yang memiliki tugas pokok, yaitu menyelenggarakan fungsi perencanaan dan penyusunan program penelitian, pengkajian, dan pengembangan.

“Tujuan kedatangan kami ke Polres Sabang adalah untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan informasi serta masukan dari publik terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polri khususnya pelayanan lima fungsi kepolisian,” katanya.

Selain itu lanjutnya,  kami melakukan penelitian bertujuan untuk mendukung penggelaran perangkat lunak (software rollout) secara masif yang dilakukan oleh Bareskrim Polri, agar tercapai target penggunaan secara konsisten sebesar 90% pada tahun 2024 terhadap aplikasi e-Manejemen Penyidikan oleh penyidik dan penyidik pembantu di Bareskrim dan di 34 Polda, di 514 Polres sebagaimana tercantum dalam Renstra Bareskrim Polri tahun 2020-2024.

Sementara itu, Peneliti Fisipol UGM Drs.Priya Handana, S.Sos, MPA, P.hD mengatakan kegiatan pengisian kuisioner ini dapat dilakukan melalui link yang telah kita berikan untuk dilakukan pengisian melalui android masing – masing dan nantinya akan diberikan lembaran per personel sesuai dengan kriteria, yaitu Polsek dan Polres, katanya.

Kemudian kuisioner ini dilakukan dengan cara multiple choise dan saya perkirakan tidak lebih dari 30 menit nantinya akan selesai, apalagi semua rekan-rekan sudah berpengalaman dilapangan, semoga dari 3.300 masalah, maksimal akan tinggal sebanyak 45 nantinya, tuturnya.

Latar belakang kegiatan ini berdasarkan Visi 5 Tahun Pemerintah 2019 – 2024, Program Prioritas Kapolri point 3 yaitu mengoptimalkan manajemen penyidikan berbasis elektronik dan kebijakan Kapolri / Commander Wish bidang opsnal, sambungnya.

Kemudian, Kerangka Kerja Optimalisasi
E-Manajemen Penyidikan meliputi input, proses dan output, dalam perjalanan aplikasi e-MP seperti pada tahun 2017 digelar di Bareskrim Mabes polri serta di 7 Polda di Indonesia diantaranya Polda Metro Jaya, Polda Jabar, Polda jateng, Polda Sumut, Polda Banten dan Polda DIY. Sementara itu, pada tahun 2019, Aplikasi e-Mp sudah digelar di 34 Polda dan 514 Polres se Indonesia, pungkasnya.

Hadir Tim Bidang Tugas Operasional (Bid Gasopsnal) Pusat Penelitian  dan Pengembangan Polri dipimpin oleh Analis Puslitbang Polri Analisis Puslitbang Polri Kombes Pol Syahrial M Said,SIK, Peneliti Fisipol UGM Drs.Priya Handana, S.Sos, MPA, P.hD, Kasubdidpal Bidriwastupuslitbang Polri Kompol Septi Astuti, S.T, M.A dan Bamin Sub Bagren Puslitbang Polri Bripda Rivaldo Kurniawan. Sementara itu, dari Polres Sabang hadir Kapolres Sabang, Kasat Reskrim, Kasatresnarkoba, para Kapolsek dan para penyidik pembantu.

 

Share.

Leave A Reply