APEL SIAGA PENANGGULANGAN BENCANA ALAM DI WILAYAH KOTA SABANG

0

TRIBRATANEWSSABANG – Senin (24/02)  pukul 11.00 wib bertempat di Kantor Sat Pol Air Polres Sabang di Bale Pasi Gampong Kuta Timu Kec. Sukakarya Sabang telah dilaksanakan Apel Siaga Penanggulangan Bencana Alam di wilayah Kota Sabang.

Apel Siaga tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sabang  AKBP Muhammadun, S.H. serta di hadiri oleh:
– Personil Polres Sabang
– 1 Peleton Kodim 0112 Sabang
– 1 Peleton Personil BPBD Sabang
– 1 Peleton Personil Basarnas Sabang
– 1 Peleton Personil Rapi
– 1 Peleton PMI

Kapolres Sabang AKBP Muhammadun, S.H.  menyampaikan dalam hal Penanggulangan bencana bahwa perlu :

– Menyusun perencanaan diperlukan informasi akar permasalahan kebencanaan yang dihadapi oleh daerah yakni risiko bencana, perlengkapan yang mendukung, kesiapsiagaan petugas, Guna mengetahui segala risiko kegiatan penanggulangan bencana.

– Jenis-jenis bencana yang dihadapi mulai dari gempa bumi, banjir, tsunami, longsor, kejadian dilaut, kebakaran hutan, kerusakan fisik jalan/bangunan.

– Langkah-langkah dalam menanggani bencana alam tertentu dibutuhkan Quick Respon dari setiap Instansi serta butuhnya koordinasi yang baik dan cepat dalam melakukan penanggulangan bencana, Langkah pertama dalam upaya penanggulangan bencana adalah membuat perencanaan, pemetaaan daerah potensi bencana.

– Kemudian langkah terakhir adalah membangun kewaspadaan dan kesiapsiagaan personil untuk respons yang lebih baik.

Adapun perlengkapan yang disiapkan dalam kesiapsiagaan bencana sbb:
1. Speed Boat Karet Sat Sabhara
2. Speed Boat Sat Pol Air
3. Kapal Basarnas
4. Mesin Senso
5. Perlengkapan Alat Pemadam Api
6. Mobil Ambulance
7. Alat Berat untuk Longsor
8. Mobil Pemadam

Kegiatan Apel Siaga Bencana tersebut berfungsi untuk Quick Respon dalam hal menangani bencana alam baik bencana didarat maupun di lautan, sehingga dengan terbentuknya Tim Penanggulangan Bencana dapat bertindak cepat dan sanggat membantu masyarakat kota Sabang yang tertimpa bencana.

Dalam beberapa Minggu saat ini untuk wilayah Kota Sabang diterpa angin yang kencang dan gelombang laut yang tinggi tidak menutup kemungkinan terjadinya bencana baik dilaut maupun didarat sehingga pentingnya pembentukan Tim Pananggulangan Bencana sangat perlu sehingga dapat saling bertukar informasi dan cepat melakukan pertolongan.

Share.

Leave A Reply