Masyarakat Antusias Ikuti Lomba Memancing Harkannas ke-6 di Sabang

0

 TRIBRATANEWSSABANG – Meriahkan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sabang, menggelar lomba mancing pantai, di pantai wisata Sumur Tiga Ie Meule Kota Sabang. Sabtu (30/11/2019)

Lomba mancing pantai dalam kerangka peringati Harkannas ke-6, dibuka Walikota Sabang, Nazaruddin, SI.Kom, melalui Asisten Pemko Sabang, Andri Norman, S.STP, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sabang, Zulfan, S.Pi, dihadiri unsur Forkopimcam dan Keuchik Gampong (kepala desa), menyampaikan pemerintah daerah menyambut baik dengan diselenggarakan event peringati Hari Ikan Nasional (Harkannas), dengan kegiatan lomba memancing dari pantai.

Kedepan berharap kegiatan perlombaan serupa Harkannas di Sabang, dapat diselenggarakan lebih baik, seraya selain berpesan “Jagalah Kebersihan Pantai Kita”, juga berpesan kepada perserta lomba untuk megutamakan keselamatan jiwa masing-masing.

“Artinya kita tidak perlu berdesak-desakan ke tengah laut yang bisa membahayakan diri sendiri, jangan ikan main malam turut ditimbang dihari ini”, harap Andri, dalam kelakarnya.

Disela itu menurut Zulfan, kegiatan lomba memancing pantai tahun 2019 ini, merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah ditunggu-tunggu lapisan masyarakat penghobbi memancing, untuk peringatan lomba memancing pantai tahun ini kami (secara nasional) mengangkat tema “Komsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa”.

Zulfan, didampingi Kabid Kelautan Kabid, Erry Wahyudi Daud, dan Kabid Perikanan, Lifriza, S.Pi, berharap, dengan diselenggarakan kegiatan rutin tahunan ini dapat mewujudkan program pemerinyah “Gemar Makan Ikan”, dan “Ayo Makan Ikan”serta juga salah satu program Walikota Sabang, Nazaruddin, SI.Kom, disektor Peningkatan Sumber Daya Perikanan, sebutnya.

“Peserta lomba diharapkan dapat mengikuti dengan bersaing sportifitas fair play dengan ikan tangkapan ikan,” terang Zulfan.

Lomba memancing tersebut diikuti antusias 483 peserta dari lapisan masyarakat berbagai dari berbagai usia dan profesi, terus meningkat setiap tahun, memperebutkan total hadiah Rp 21juta.

“Jumlah peserta memancing setiap tahunya meningkat, tahun ini menurut panitia ada berjumlah 483 orang,” ungkap Zulfan.

Ditempat yang sama, Panitia penyelenggara lomba memancing dalam rangka peringati Hari Ikan Nasional ke-6 di Sabang, mengatakan lomba memancing yang memperebutkan hadiah total Rp 21 juta, dengan katagori penilaian berat timbangan perolehan ikan tangkapan.

Menurut Ketua panitia pelaksana Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sabang, Alaidinsyah, S.Pi, didampingi didampingi Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) Kota Sabang, dalam teknikal metting menyampaikan sejumlah aturan lomba dan Diskualifikasi.

Peserta hanya boleh membawa 2 alat pancing; Joran 2 atau Padok 2 atau Joran 1 + Padok 1. Batas / jarak pada saat perlombaan, peserta tidak boleh lebih dari kedalaman 1 Meter (sebatas pingang). Peserta tidak boleh menggunakan alat bantu lainnya pada saat mengikuti lomba, seperti; Baju pelampung, Kaca mata (selam), Ban dalam mobil (menaiki benda-benda lainnya yang dapat mengapung diatas air sejisnya).

Waktu perlombaan dimulai pukul : 09.00 s.d. 11.00 WIB. Penimbangan hasil tangkapan diwacanakan pukul 11.00 s.d. 12.00 WIB.

Selain itu, Jenis hasil pancingan (jenis ikan) yang tidak dihitung oleh panitia dan dewan juri ; Undong, Buntal, Bulu Ayam Pari,.Gurita, Cumi, Sotong, dan Ikan Terompet

Peserta tidak boleh melewati batas titik-titik lokasi mancing yang telah ditentukan. Peserta wajib menjaga kebersihan lokasi lomba mancing.

“Jika peserta tidak mematuhi / melanggar kesepakatan bersama yang telah ditetapkan oleh panitia dan dewan juri maka peserta tersebut akan di Diskualifikasi,” sebut Alaidinsyah.

Lebih lanjut sebutnya, Penilaian hasil pancingan, untuk Juara Umum diambil dari salah satu ikan yang terberat, Juara 1 peroleh Rp. 2.500.000, Juara 2 peroleh Rp. 2.000.000, Juara 3 peroleh Rp. 1.500.000.

Sedangkan untuk peserta lainnya akan dihitung jumlah ikan yang didapat sejauh ikan tersebut masuk dalam katagori penilaian dari panitia dan dewan juri.

“Pajak hadiah ditanggung pemenang,” jelasnya.

Sementara itu, lokasi pembagian hadiah lomba mancing dan pembagian produk produk olahan dari ikan, dilaksanakan di Tugu Konservasi Sabang Fair depan komplek pukul 16.30 WIB s.d. seiesai, tutup Alaidinsyah.

Share.

Leave A Reply