Kapolres Sabang Mengikuti Rapat Paripurna DPRK di Kota Sabang

0

 TRIBRANEWSSABANG – Senin (02/09/2019) pukul 10.30 Wib, bertempat di Ruang sidang Utama Kantor DPRK Sabang Jln. Yos Sudarso Gampong Cot Bau Kec. Sukajaya Sabang telah dimonitor Pelaksanaan Rapat Paripurna DPRK Kota Sabang “Dalam Rangka Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRK Sabang Masa Jabatan 2019-2024.

B. Turut hadir dalam kegiatan tersebut :

1. Walikota Sabang, Nazarudin, S.I.Kom
2. Wakil Walikota Sabang, Drs. Suraji Djunus.
3. Ketua DPRK Sabang, M. Nasir.
4. Ketua pengadilan Negeri a.n. Fauzi SH
5. Sekda Kota Sabang, Drs. Zakaria, MM.
6. Sekwan Kota Sabang, Faisal, S.Sos.
7. Kapolres Sabang, Akbp Syahrul, S.I.K.
8. Danlanud Mus Sabang diwakili oleh, Kasifashar Kapten Sus Teuku Maulana Raimansyah
9. Danlanudal Sabang a.n. Letkol Laut A. Nouvan.10. Dansatrad 233 Sabang, Mayor Lek Firmansyah.
11. Danlanal Sabang diwakili oleh Palaksa Lanal Sabang, Mayor Laut (KH) Bambang S.
12. Dandim 0112/Sabang diwakili oleh Danramil 01/SJ a.n. Mayor CHB Tatang.
13. Kajari Sabang diwakili oleh, Kasi Pidum Kejari Sabang, Muhammad Riza.
14. Ketua KIP Kota Sabang, Azman, SE
15. Komisoner Panwaslih Kota Sabang, Sunarno.
16. Plt. Wakil Kepala BPKS Sabang, Islamuddin, ST.
17. Anggota DPRK Sabang periode 2014-2019.
18. Anggota DPRK Sabang periode 2019-2024.
19. Para SKPK se Kota Sabang.
20. Lebih kurang 1500 tamu undangan

C. Rangkaian kegiatan.

1. Pembukaan oleh Mc.
2. Pembacaan ayat suci Al Quran oleh sdr. Tgk. Syahrul.
3. Shalawat badar oleh group BKMT Kota Sabang.
4. Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
5. Kata sambutan dari Ketua DPRK Sabang, M. Nasir.

a. Kami atas nama Pimpinan dan anggota DPRK Sabang mengucapkan terima kasih atas kedatangan undangan kami ke acara ini, beberapa hari yang lalu kita telah memperingati HUT RI ke 74, kami anggota DPRK Sabang mengucapkan HUT RI ke 74 tahun, semoga bangsa kita ini menjadi bangsa yang lebih makmur dan bermartabat dan mampu membawa kejayaan Indonesia.

b. Sebagaimana diketahui pada hari ini keanggotaan DPRK Sabang masa 2014-2019 akan menghabiskan masa pengabdiannya seoptimal mungkin dalam rangka menampung Aspirasi masyarakat kota Sabang, maka adanya pergantian unsur pemerintahan tidak akan mengganggu jalannya pemerintahan itu.

c. DPRD dalam kapasitasnya sebagai fungsi penyelenggara pemerintahan memiliki 3 Fungsi yaitu antara lain :

1) Legislasi

2) Anggaran

3) Pengawasan

Pelaksanaan ketiga fungsi tersebut berjalalan atas dukungan seluruh pihak termasuk pihak terkait, dalam kesempatan baik ini kami anggota DPRK Sabang periode 2014-2019 menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait.

d. Kami juga menyadari bahwa kami ini adalah manusia biasa yang memiliki celah dan dosa, baik tingkah laku maupun tutur kata yang telah menyinggung perasaan Bapak dan Ibu, secara tulus dan Ikhlas kami meminta maaf kepada Bapak dan Ibu sekalian.

e. Kepada anggota Dewan yang baru kami ucapkan selamat, semoga jabatan yang baru menjadi amanah dan dapat mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Wakil Rakyat, harapan kami bahwa Anggota Dewan yang baru dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan Pemko. Sabang, terlebih lagi saat ini anggota Dewan yang baru didomininasi oleh anak muda, yang memiliki semangat dan inovasi baru.

6. Pembacaan keputusan Gubernur Aceh oleh pimpinan rapat.

7. Ketua pengadilan Negeri Sabang mengambil tempat untuk memandu pengucapan sumpah/janji.

8. Pengucapan sumpah/janji Anggota DPRK.

9. Penandatangananan berita acara pengucapan sumpah.

10. Penyematan tanda anggota oleh Ketua Pengadilan Negeri Sabang.

11. Pembacaan pengumuman nama pimpinan sementara berasal dari Partai Politik terbanyak ke 1 dan 2 yang dibacakan oleh Sekwan DPRK Sabang a.n. Faisal S.Sos antara lain :

a. Ketua DPRK sementara : Muhammad Nasir (Partai Aceh)

b. Wakil Ketua DPRK sementara : Armadi (Partai Demokrat).

12. Penyerahan palu pimpinan dan buku memori DPRK Sabang masa jabatan 2014-2019.

13. Kata sambutan oleh Pimpinan sementara.

a. Kami atas nama Pimpinan sementara mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan lama yang telah menyerahkan palu pimpinan kepada kami, baru saja kita menyaksikan kegiatan pelantikan penyumpahan Anggota DPRK Sabang periode 2019-2024, hal ini sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada yaitu UU Nomor 23 tahun 2014.

b. Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kami selaku anggota DPRK yang baru, karena kami telah dipercaya menjadi Wakil rakyat 5 tahun kedepan, penghargaan yang setulus tulusnya kami ucapkan terima kasih dan partisipasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah melaksanakan Demokrasi di kota Sabang ini.

c. Kami sangat menyadari bahwa amanah ini memiliki konsekuensi tanggung jawab yang besar kepada Allah SWT dan kepada rakyat Sabang, kami menyadari bahwa tugas sebagai Wakil rakyat sangat berat terlebih kami belum berpengalaman, kami juga meminta dukungan dari Walikota Sabang, maupun unsur TNI POLRI serta Tokoh tokoh masyarakat.

d. Kepada Pemerintah Daerah kami ingin menjalin hubungan yang harmonis untuk menciptakan masukan masukan baru demi kemajuan Pembangunan kota Sabang.

e. Kepada anggota Dewan yang baru kami mengharapkan dapat Membangun komitmen yang positif dan membangun tekad untuk berkerjasama untuk melaksanakan amanah rakyat dengan sebaik baiknya.

14. Kata sambutan Gubernur Aceh yang disampaikan oleh Walikota Sabang a.n. Nazaruddin S.Ikom antara lain :

a. Baru saja kita menyaksikan prosesi pelantikan dan pengucapan sumpah anggota Dewan periode 2019-2024, atas nama Pemerintah Aceh kami ucapkan Selamat kepada Ibu dan Bapak yang baru saja dilantik.

b. Pengambilan sumpah jabatan pada hakikatnya merupakan investasi dan ikrar untuk berjuang demi kepentingan rakyat, sebagai anggota Dewan memang Bapak Ibu berasal dari Partai Politik yang berbeda, namun sebagai Wakil Rakyat Bapak dan Ibu harus bersatu untuk mengemban amanah rakyat.

c. Kerjasama antar lembaga perlu dibuat dengan baik, antara eksekutif dan legislatif harus berjalan bersama sesuai dengan fungsi masing masing, kerja yang baik antara anggota Dewan akan menghasilkan pembangunan yang berjalan dengan baik dan mampu menghasilkan pencapaian yang terukur.

d. Sebagai Wakil Rakyat berbagai tugas penting sudah menunggu Bapak dan Ibu sekalian, terlebih menjalankan Otsus yang ada di daerah kita ini. Jangan ragu untuk meminta masukan kepada rakyat dan perlu mendengar tenaga ahli dari Media sebagai bahan masukan kita.

e. Perlu ditetapkan Pimpinan sementara sesuai dengan Perundang undangan yang berlakuz dengan kegunaan :

1) Memimpin jalannya Rapat Sidang

2) Memfasilitasi Pembentukan Fraksi DPRK Sabang.

3) Menyusun Tata Tertib anggota DPRK Sabang

4) Menetapkan Pimpinan DPRK Definitif.

f. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada anggota DPRK Sabang periode 2014-2019, dukungan Bapak Ibu sekalian masih akan kami perlukan untuk mendukung Pembangunan di Aceh secara Khusus di Kota Sabang.

15. Menyanyikan lagu Padamu Negeri.

16. Pembacaan doa sekaligus penutup oleh PLT. Kakanmenag kota Sabang a.n. Zainuddin.

D. Berikut nama-nama Anggota DPRK Sabang periode 2019-2024.

1. Ria Indriani (Partai Golkar)
2. drg. Marwan (Partai Nasdem)
3. Riani Mutia Rahman SE (Partai Demokrat)
4. Armadi (Partai Demokrat)
5. M. Nasir (Partai Aceh)
6. M. Isa (Partai Aceh)
7. Risa Nirmala (Partai Aceh)
8. Erika Tanti Siregar (Partsi Aceh)
9. Wahyu Ramadhan SE (Partai Aceh)
10. Samsul Bahri (Partai Bulan Bintang)
11. Ferdiansyah S.Kel (Partai Golkar)
12. Maulizar (Partai Keadilan Sejahtera)
13. M. Rizki Setiawan (Partai Amanat Nasional)
14. Drs. A.Q. Zaelani (Partai Aceh)
15. Magdalaina (Partai Aceh)
16. H. Muhammad Isa (Partai Aceh)
17. Hamdani (Partai Aceh)
18. Agus Adhiyatsyah (Partai Aceh)
19. Abdul Mutalib Rahman (Partai Aceh)
20. Darmawan (Partai Bulan Bintang)

E. Pelaksanaan Rapat Paripurna DPRK Kota Sabang “Dalam Rangka Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRK Sabang Masa Jabatan 2019-2024 selesai pada pukul 12.00 Wib, berlangsung dalam keadaan aman dan baik.

Catatan:

1. Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah di Kabupaten/Kota di Indonesia yang mana para anggota dewan tersebut dipilih langsung oleh rakyat melalui Pemilihan legislatif.

2. Adapun nama pimpinan sementara DPRK Sabang yaitu:

a. Ketua DPRK Sabang sementara, M. Nasir (Partai Aceh).

b. Wakil Ketua DPRK Sabanh sementara, Armadi (Partai Demokrat).

3. Jumlah Anggota DPRK Sabang periode 2019-2024 sebanyak 20 kursi yang mana pada periode tersebut diperoleh Partai Aceh mendapatkan 11 Kursi, Partai Demokrat 2 kursi, Partai Golkar 2 kursi, Partai Bulan Bintang 2 kursi, Partai Amanan Nasional 1 kursi, Partai Keadilan Sejahtera 1 kursi dan Partai Nasdem 1 Kursi.

4. Diharapkan seluruh anggota dewan terpilih baik petahana maupun yang baru bisa menjaga kondusivitas dan kerukunan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat serta dapat membawa aspirasi masyarakat lebih baik dan hasil pembangunannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas sehingga membawa Kota Sabang menjadi semakin lebih baik lagi.

Demikian dilaporkan.

Share.

Leave A Reply